Senin, 08 Juli 2013

Pengertian dan Cara Menyusun Resensi

| Senin, 08 Juli 2013 |

Resensi adalah penilaian mengenai kualitas buku, baik isi maupun perwajahannya dengan disertai alasan dan bukti. Resensi biasanya muncul dalam berbagai surat kabar / majalah dengan nama yang berbeda, misalnya bedah buku dan pertimbangan buku.meskipun namanya berbeda, isinya sama saja. Isi yang disajikan berupa pertimbangan baik buruk isi buku yang di resensi. Penyajiannya, selain memuat isi resensi juga meliputi judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, jenis huruf, halaman sampul (cover) dan harga buku.
Buku yang di resensi biasanya buku terbitan baru sehingga dengan munculnya resensi di media cetak, para pembaca dapat mengetahui dan memutuskan perlu tidaknya membaca buku tersebut. Dengan demikian, resensi dapat berfungsi sebagai pemberi informasi, alat reklame dan tulisan ilmiah.

Fungsi pemberi informasi dimaksudkan memberikan informasi tentang adanya buku baru. Fungsi alat reklame dimaksudkan sebagai promosi adanya buku baru yang telah terbit. Fungsi karya ilmiah dimaksudkan resensi sebagai salah satu jenis karya ilmiah karena didalamnya disajikan pembahasan tentang isi buku dengan disertai alasan dan bukti.

Sistematika resensi atau cara menyusun resensi biasanya mengikuti pola berikut ini.


1. Judul resensi (boleh sama dan boleh berbeda dengan judul buku yang di resensi)

2. Perwajahan (jati diri buku) meliputi :

a. Judul buku

b. Nama pengarang / penulis

c. Nama penerbit dan tahun terbit

d. Jumlah halaman

e. Jenis huruf

f. Halaman sampul (cover)

g. Harga buku

3. Pembuka, Meliputi :

a. Uraian yang menjelaskan isi buku secara umum

b. Kaitan dengan hal diluar isi buku (bila perlu)

4. Pembahasan, meliputi :

a. Analisis terhadap isi buku dengan disertai alasan dan bukti yang ada dalam isi buku

b. Analisis berupa kekuatan dan kelemahan (bila ada) isi buku yang di resensi

5. Penutup, meliputi penilaian penulis resensi mengenai perlu-tidaknya pembaca resensi membaca atau memiliki buku tersebut
.

 
© Copyright 2013Pelajaran Bahasa Indonesia